FANDOM

Bidang PekerjaanEdit

AutomatisasiEdit

PabrikEdit

Penggunaan robot untuk melakukan pekerjaan spesifik dan berulang. Berguna untuk menekan biaya pembayaran tenaga kerja, serta memaksimalkan kerja mesin dan bahan baku dengan memaksimalkan produksi. Dapat juga dilakukan untuk memantau kerusakan pada mesin serta melakukan perawatan berkala.

KantorEdit

Komputer digunakan untuk tugas kantoran karena dapat melakukan tugas-tugas dengan lebih cepat dan akurat. Awalnya komputer yang digunakan adalah tipe mainframe, namun seiring dengan perkembangan, PC lebih banyak digunakan. Kemudahan dalam penggunaan PC juga menyebabkan komputer digunakan oleh semua staff dan tidak terbatas pada operator atau teknisi.

Kelemahan AutomatisasiEdit

  • Meningkatkan jumlah pengangguran
  • Menciptakan iklim kerja yang kurang baik bagi kesehatan
  • Pergeseran porsi pekerjaan menjadi operator-operator komputer bergaji rendah
  • Mendukung pemindahan pusat produksi ke negara-negara yang tidak mendukung kesejahteraan karyawan

Kantor Tanpa KertasEdit

Adanya document reader seperti PDF, XML, dan HTML memudahkan pembacaan dokumen di layar monitor sehingga mengurangi penggunaan kertas. Di masa mendatang sebua dokumen akan disajikan dalam bentuk digital dan kantor tidak akan lagi menggunakan kertas.

Komputasi Perusahaan dan WorkgroupEdit

Penggunaan komputer untuk perusahaan bisa jadi menguntungkan, namun juga dapat membawa kesulitan. Salah satunya adalah biaya pengadaan dan pemeliharaan komputer yang tinggi. Menggunakan komputer untuk aktivitas perusahaan juga memerlukan tenaga kerja yang terampil dalam menggunakan komputer, dengan kata lain diperlukan training khusus secara berkala.

Di sisi lain penggunaan komputer memudahkan pengerjaan proyek dalam grup. Komputer memudahkan tukar-menukar informasi, mengirim pesan, mengakses data serta pengerjaan dokumen secara bersamaan.

Peningkatan dan Penurunan KemampuanEdit

Penggunaan komputer dapat menurunkan level keterampilan yang dibutuhkan, karena komputer hanya menuruti instruksi mentah-mentah dan tidak bisa mencerna logika kompleks. Sementara itu penggunaan komputer untuk automatisasi mengijinkan manusia menggunakan tenaganya untuk pekerjaan yang lebih rumit, karena tugas-tugas rutin dan berulang sudah ditangani komputer.

EdukasiEdit

Edukasi di Era InformasiEdit

Keterampilan yang harus disediakan pendidikan di era informasi

  • Pengenalan Teknologi
  • Bahasa
  • Matematika
  • Kebudayaan
  • Komunikasi
  • Cara belajar yang baik

Sekolah Hi-TechsEdit

Penggunaan teknologi diperlukan untuk mendukung pengajaran, disebut e-learning. E-learning bisa ditampilkan dalam berbagai bentuk bergantung kebutuhan sekolah.

Pelatihan Berbasis KomputerEdit

Latihan untuk siswa dapat disesuaikan dengan penggunaan coursewares- Computer Assisted Training. Program ini memantau perkembangan siswa dan menyesuaikan soal dengan bidang dimana siswa tersebut masih banyak melakukan kesalahan. Penggunaan games untuk pembelajaran juga termasuk pelatihan ini.

E-Learning 2.0Edit

Siswa diajarkan untuk menggunakan komputer sebagai alat untuk membantu pekerjaan mereka. Mereka juga diajarkan untuk menggunakan komputer dan internet sebagai alat pembelajaran kolaboratif

Sekolah VirtualEdit

Teknologi komnuikasi memungkinkan kegiatan pembelajaran dilakukan diluar dinding sekolah, bahkan di tempat terpencil. Sangat berguna bagi siswa yang tinggal di daerah yang jauh dari bangunan sekolah, atau secara fisik tidak dapat pergi ke sekolah.

Rumah TanggaEdit

Teknologi untuk Urusan Rumah TanggaEdit

Keberadaan teknologi memudahkan urusan-urusan rumah tangga seperti mencari resep atau mengatur keuangan

Edukasi dan InformasiEdit

  • Edutainment : Penggabungan edukasi dan hiburan
  • Narrowcasting : Menyeleksi berita dan hiburan yang ingin kita terima
  • Filtering Software : Menghalangi masuknya akses-akses dengan konten tertentu
  • Hiburan : Adanya games dan video film-film untuk ditonton di rumah